Terobosan Teknologi AI: DeWave, Pengubah Pikiran Menjadi Teks Tanpa Implan Otak

Technology549 Views

DeWave: Inovasi Terkini dari University of Technology Sydney’s GrapheneX

onidurant.com  University of Technology Sydney’s GrapheneX di UTS Human Artificial Intelligence Centre telah berhasil menciptakan DeWave, sebuah terobosan teknologi yang dapat mengubah pikiran menjadi kata-kata untuk kemudahan berkomunikasi.

Mengatasi Keterbatasan Berbicara melalui Gelombang Otak

“Ini adalah langkah maju dalam menerjemahkan gelombang EEG (electroencephalogram) mentah menjadi bahasa,” ungkap Ching Ten Lin, seorang dosen di UTS School of Computer Science dan Direktur GrapheneX UTS HAI Centre, seperti dilansir dari The Independent.

“Inovasi ini menggabungkan teknik pengkodean diskrit dalam proses menerjemahkan pikiran otak menjadi teks, memberikan pendekatan yang inovatif terhadap decoding saraf,” tambahnya.

DeWave: Solusi Komunikasi Alternatif Tanpa Implan Otak

DeWave tidak hanya bertujuan untuk mengubah pikiran menjadi teks, tetapi juga diarahkan untuk membantu individu dengan keterbatasan berbicara akibat sakit atau cedera. Tujuannya adalah memberikan cara alternatif bagi manusia untuk berkomunikasi melalui DeWave.

Hasil penelitian ini, yang dipresentasikan dalam konferensi NeurIPS di New Orleans pada 12 Desember lalu, menguji kemampuan DeWave dalam membaca gelombang otak peneliti yang sedang membaca sebuah teks. Gelombang otak tersebut diinterpretasikan menjadi kata-kata dan ditampilkan di layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *