NASA Hilang Kontak dengan Robot di Planet Mars, Ulah Alien?

Technology567 Views

NASA Kehilangan Kontak dengan Robot Penjelajah Mars Selama Dua Pekan, Apa Penyebabnya?

onidurant.com  Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, atau yang dikenal sebagai National Aeronautics and Space Administration (NASA), mengalami kehilangan kontak dengan robot penjelajah Mars selama dua pekan. Meskipun awalnya timbul spekulasi tentang ulah alien, ternyata penyebabnya terkait dengan fenomena luar angkasa yang dikenal sebagai konjungsi matahari.

1. Kontak Terputus Akibat Konjungsi Matahari

Menurut pernyataan resmi NASA, kontak dengan robot penjelajah Mars akan terputus mulai 11-25 November 2023. Fenomena konjungsi matahari menyebabkan posisi Mars dan Bumi berada pada sisi berlawanan dari matahari dalam satu garis sejajar, menghambat komunikasi antara keduanya.

2. Risiko Pengiriman Perintah selama Konjungsi Matahari

NASA menjelaskan bahwa selama konjungsi matahari, risiko besar terkait dengan upaya mengirimkan perintah ke instrumen robot di Mars. Gangguan yang dihasilkan oleh matahari dapat berdampak negatif pada komunikasi dan operasi robot, sehingga NASA memilih untuk memutus kontak selama periode ini.

3. Kondisi Robot Selama Konjungsi Matahari

Meskipun kontak terputus, robot-robot di Mars tetap akan beroperasi dan menjalankan fungsinya. Namun, data dan informasi baru tentang planet Mars tidak dapat dikirimkan ke NASA selama periode ini.

4. Ragam Robot dan Pesawat NASA di Mars

NASA memiliki sejumlah robot dan pesawat luar angkasa yang beroperasi di Mars, termasuk robot Perseverance dan Curiosity yang telah lama menjelajah planet tersebut. Selama dua pekan ke depan, robot-robot ini harus bekerja secara mandiri tanpa bantuan atau pemantauan dari NASA.

5. Fenomena Konjungsi Matahari: Penjelasan dan Pengaruhnya

Konjungsi matahari adalah fenomena di mana posisi Bumi, Matahari, dan Mars sejajar dalam satu garis. Selama periode ini, komunikasi antara Bumi dan Mars terhambat, sehingga NASA memutus kontak untuk menghindari risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *