Inovasi Terbaru: Mobil Listrik BYD Dilengkapi Teknologi Kartu NFC untuk Keamanan Pintu

Automotif352 Views

onidurant.com  Build Your Dreams (BYD), perusahaan otomotif terkemuka, telah memperkenalkan tiga model mobil listrik terbarunya di Indonesia, yaitu BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal. Salah satu fitur inovatif yang dibawakan oleh BYD adalah penggunaan kartu Near Field Communication (NFC) sebagai sarana untuk membuka pintu kendaraan. Namun, pertanyaan muncul: bagaimana jika kartu NFC mengalami kerusakan atau patah?

Cara Kerja Kartu NFC pada Mobil BYD

Bobby Bharata, Head of Product PT BYD Motor Indonesia, menjelaskan bahwa penggunaan kartu NFC pada mobil listrik BYD sangat sederhana. Pengemudi hanya perlu menempelkan kartu ke perangkat penerima yang terletak di spion kanan. Meskipun demikian, Bobby menyatakan bahwa kartu NFC bukan satu-satunya opsi untuk membuka pintu, karena pemilik mobil juga dapat menggunakan keyless remote untuk fungsi yang sama.

Opsi Tambahan dengan Kartu NFC untuk Kepemilikan yang Lebih Praktis

Bobby menekankan bahwa keberadaan kartu NFC di mobil BYD adalah sebagai opsi tambahan bagi pemilik kendaraan. Kartu ini memberikan kenyamanan dan praktis, memungkinkan akses mudah tanpa menggunakan kunci fisik. Namun, keyless remote tetap menjadi alternatif bagi mereka yang lebih memilih cara konvensional.

Menurut Bobby, satu kartu NFC hanya dapat digunakan untuk satu mobil, menjadikannya alat yang eksklusif dan tidak dapat dipindahtangankan ke mobil BYD lainnya, bahkan jika modelnya sama. Hal ini menjamin keamanan dan keunikan fitur tersebut.

Solusi Jika Kartu NFC Mengalami Kerusakan

Bobby memberikan solusi bagi pemilik kendaraan BYD jika kartu NFC mengalami kerusakan. Jika kartu rusak, pemilik dapat mengunjungi dealer resmi BYD terdekat untuk perbaikan atau penggantian kartu baru. Namun, dia menegaskan bahwa apakah biaya perbaikan atau penggantian tersebut gratis atau tidak tergantung pada kebijakan dealer. Untuk masalah kesalahan atau kerusakan minor, penggantian kartu biasanya dapat dilakukan tanpa biaya tambahan.

Biaya Penggantian Kartu NFC dan Keterjangkauannya

Bobby menjelaskan bahwa jika terjadi kerusakan pada kartu NFC dan penggantian diperlukan, biayanya relatif terjangkau. Meskipun tidak merinci jumlah pasti, dia menegaskan bahwa biaya tersebut sebanding dengan harga kartu. Meskipun pengguna harus membayar untuk penggantian, BYD berusaha untuk menjaga agar biaya tersebut tetap terjangkau, memastikan kelancaran penggunaan fitur kartu NFC tanpa membebani pemilik kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *